Bikin Blog Pakai Wordpress dan Blogger


Cara Membuat Blog – Blogging adalah aktivitas yang makin lama banyak digemari oleh penduduk Indonesia sementara ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan dengan dengan topik dan type postingan yang berbeda-beda. Untuk membawa efek blog, sesungguhnya tersedia banyak sekali platform yang mampu kita gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan tetap banyak lagi. Namun, saya perhatikan kebanyakan blogger Indonesia manfaatkan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya mampu mengkaji sedikit perihal langkah buat blog di ke-2 platform ini.

Oh ya, Saya membawa efek artikel ini spesifik untuk teman-teman yang belum tahu langkah membawa efek blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, jika Anda udah tahu caranya, menurut saya tidak mesti membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum tahu langkah buat blog di WP atau Blogger silahkan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman gara-gara artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, saya beri tahu pernah bahwa ke-2 fasilitas ini – WordPress dan Blogger – menambahkan fasilitas gratis untuk membawa efek blog. Namun, biarpun keduanya menambahkan fasilitas gratis untuk blogging, ke-2 platform ini memiliki perbedaan satu sama lain. Nah, pelajari pernah apa saja kelebihan dan kekurangan ke-2 platform ini supaya tahu platform mana yang paling cocok dengan dengan Anda.

I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)

Blogger.com adalah platform blogging gratisan punya Google. Anda mampu membawa efek blog dengan dengan gratis di blogger, baik itu manfaatkan subdomain dan hosting gratis ataupun manfaatkan domain sendiri dengan dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini mampu mengkaji langkah membawa efek blog di Blogspot dengan dengan subdomain dan hosting gratis dari Blogger.com.

Sebelum membawa efek blog di blogger, saya memberi panduan Anda untuk memiliki account e-mail di Google mail (gratis). Ini mampu memudahkan sistem pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum tahu langkah membawa efek email, mampu membaca postingan saya di awalnya perihal langkah membawa efek email. Kalau Anda udah memiliki account e-mail di Gmail, segera saja mengikuti sistem membawa efek blog di blogspot, tersebut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka web site Blogger.com, klik link tersebut untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com

2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda mampu di arahkan ke halaman untuk masuk ke account Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang udah disediakan, seterusnya klik tombol Berikutnya Login ke account Google

3. Masukkan password e-mail Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya

4. Jika Anda baru pertamakali membawa efek blog di Blogger, maka Anda mesti pilih profil account Google yang mampu digunakan. Anda mampu manfaatkan account Blogger biasa ataupun account Google+. Di artikel ini saya memberi panduan untuk manfaatkan account Google+, klik tombol Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda mampu terisi secara otomotis. Jika tersedia dambakan memicu pergantian information diri, jikalau memicu pergantian nama, type kelamin, dan tanggal lahir, Anda mampu mengubahnya di halaman ini. Jika udah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE.

6. Selanjutnya Anda mampu diarahkan ke halaman seterusnya di mana Anda mampu menambahkan foto profil untuk account Google Anda. Bila tidak dambakan menambahkan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI.

Tapi jikalau Anda dambakan menambahkan gambar profile, maka Anda mampu klik logo Kamera terhadap halaman tersebut, seterusnya upload gambar. Setelah sistem upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN.

7. Saat ini Anda udah selesai membawa efek account Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk jadi membawa efek blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, memandang gambar berikut

9. Anda mampu diarahkan ke halaman sesudah itu di mana Anda mampu memasukkan “Judul Blog”, pilih nama/ alamat subdomainnya, dan pilih Tema blog Anda Pada bagian Judul, silahkan isikan dengan dengan Judul Blog Anda, jikalau “Belajar Membuat Blog” Pada bagian Alamat, silahkan isikan dengan dengan alamat URL blog Anda, jikalau “maxbikinblog.blogspot.com” Pada bagian Tema, Anda mampu pilih tidak benar satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.

10. Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda udah memiliki blog baru. Tapi sesungguhnya ini belum selesai, sesudah itu Anda mesti jalankan lebih dari satu pengaturan dan mempelajari lebih dari satu navigasi di halaman kerja Blogger. Sedikit penjelasan perihal menu atau navigasi dashboard Blogger:

Pos: Daftar artikel yang udah ditulis, udah diterbitkan, dan artikel yang tetap didalam wujud draft. Statistik: Data statistik perihal blog Anda, Data teliti perihal trafik pengunjung blog Anda diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel. Komentar: Pada halaman ini, Anda mampu memandang komentar yang masuk. Anda terhitung mampu mengedit atau terutama menghapus komentar yang tidak diinginkan. Kampanye: menampilkan menu yang terkait dengan dengan Adwords, yakni fasilitas periklanan punya Google. Mungkin sementara ini Anda belum mesti fitur ini, jadi tinggalkan saja pernah Laman: Halaman statis layaknya page terhadap WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain. Tata Letak: Pada halaman ini Anda mampu mengatur layout blog Anda, menambahkan atau mengatur posisi widget. Tema:  Pada halaman ini Anda mampu mengganti tema blog cocok dengan dengan keinginan. Setelan: Halaman ini digunakan untuk mengatur setelan blog, pengaturan berapa artikel yang mampu ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger

Untuk membawa efek postingan konten terhadap Blogger sesungguhnya caranya sangat mudah, tersebut ini langkah-langkahnya: Langkah pertama adalah jalankan klik terhadap tombol Entri Baru Buat judul konten: buat judul singkat saja gara-gara blogger halangi jumlah karakter untuk judul postingan. Masukkan artikel atau konten lain terhadap halaman konten yang udah disediakan oleh blogger. Anda mampu memasukkan konten berwujud text, gambar, dan terhitung video. Anda mampu memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan dengan dukungan menu formating yang tersedia di bawah judul konten. Isi label/ kategori yang cocok dengan dengan konten yang Anda buat, seterusnya klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.

Anda terhitung mampu menjadwalkan sementara posting konten tersebut cocok dengan dengan keinginan, membawa efek tautan permanen, menambahkan lokasi, terutama menambahkan pilihan lainnya cocok dengan dengan kebutuhan. Jika Anda udah percaya mampu membawa efek konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Konten Anda udah online dan mampu dibaca orang lain.

Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda lumayan manfaatkan alamat e-mail Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com Simpan alamat e-mail Gmail dan password Anda dengan dengan baik supaya gampang digunakan sementara dambakan login ke Blogger. Sampai di sini tentu saja Anda udah lumayan tahu langkah membawa efek blog gratis di blogger. Anda terhitung mampu mengganti tema blog Anda atau mengatur tampilan widget.

II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com

Script WordPress mampu digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini mampu mengkaji langkah membawa efek blog gratis di WordPress.com, di mana kita mampu menikmati semua fasilitas dengan dengan gratis, baik itu subdomain dan terhitung hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka web site WordPress, klik atau membuka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat web site yang Anda inginkan, jikalau BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat gambar di bawah ini:

3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda mampu diminta isikan kolom-kolom, layaknya alamat e-mail Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

Alamat email: isikan dengan dengan alamat e-mail Anda
Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name sementara login ke dashboar WP
Password: isikan dengan dengan password yang kuat dan gampang diingat
Pastikan alamat blog: cek kembali alamat untuk blog Anda, jikalau “BlogTersayang.wordpress.com”
Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan manfaatkan alamat yang gratis”
Setelah semua kolom udah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang tersedia di bagian bawah.

4. Pihak WordPress mampu mengirimkan link untuk verifikasi ke e-mail Anda. Buka e-mail Anda, temukan e-mail dari wordpress.com dan klik link di didalam e-mail tersebut. Lihat gambar

5. Setelah jalankan verifikasi dengan dengan langkah yang dijelaskan terhadap langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti mampu terbuka tab baru di browser dan Anda mampu memandang halaman dashboard WordPress punya Anda. Lihat Gambar

Langkah sesudah itu Anda bisa saja dambakan membawa efek sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk menopang Anda membawa efek logo dan favicon, Anda mampu manfaatkan online logo maker layaknya Logaster. Buka web site Logaster dan Anda mampu membawa efek Logo paling baik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress Sampai langkah 5 di atas sesungguhnya Anda udah memiliki blog WordPress. Anda mampu memandang tampilan blog dengan dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, bisa saja Anda jadi tidak cocok dengan dengan tampilan default dari WordPress. Anda mampu jadi jalankan lebih dari satu settingan terhadap blog WP anda, jikalau membawa efek judul blog, membawa efek tag line atau gambaran singkat, mengganti themes, memasang widget dan lain-lain.

1. Pengaturan Blog WP

Untuk membawa efek pengaturan di blog WordPress, Anda mampu melakukannya di didalam dashboard WP Anda dengan dengan membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang mampu Anda edit. Menurut saya, yang paling penting terhadap bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

Umum: Pada bagian ini Anda mampu mengganti judul blog dengan dengan judul yang cocok dengan dengan keinginan, dan terhitung menambahkan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda terhitung mampu jalankan lebih dari satu pengaturan lainnya di halaman ini, jikalau menambahkan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menaruh perubahaan yang Anda lakukan.

Menulis: Pada bagian ini Anda mampu membawa efek pengaturan tulisan, pilih kategori postingan standar. Membaca: Di sini Anda mampu mengatur postingan yang ditampilkan terhadap halaman utama blog Anda. Anda mampu membawa efek halaman statis ataupun dinamis, namun panduan saya gara-gara ini adalah blog maka mampu lebih baik jikalau Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda terhitung mampu pilih jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak dambakan perihal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.

Diskusi – Di sini Anda mampu mengatur bagaimana orang lain mampu berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak dambakan perihal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default terhadap halaman ini.

2. Desain Blog WP

Anda terhitung mampu mengganti Themes dan menambahkan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget mampu membawa efek blog WP muncul lebih baik dan cocok dengan dengan permintaan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang tersedia di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya bagian yang paling penting di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

Tema: Pada bagian ini Anda mampu pilih theme/ tema yang cocok dengan dengan permintaan Anda. Di WordPress.com tersedia banyak sekali tema gratisan dengan dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan sampai pilih theme premium, pilih saja tema gratisan.

Widget: Di sini Anda mampu menambahkan lebih dari satu widet yang Anda dambakan yang mampu muncul di bagian side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan sangat banyak memasukkan widget mampu mempengaruhi kecepatan loading blog Anda.

Menu: Anda mampu menambahkan lebih dari satu link untuk menu lewat halaman ini. Misalnya Anda dambakan membawa efek halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda mampu membuatnya di halaman ini.

3. Posting Konten di WordPress

Langkah sesudah itu adalah membawa efek postingan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, mampu lewat tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang tersedia di dashboard Anda:

Semua Tulisan: ini adalah link untuk memandang semua postingan artikel yang tersedia di blog Anda.
Tambah Baru: ini adalah link untuk membawa efek postingan/ konten baru di didalam blog Anda.
Kategori: ini adalah link untuk memandang atau menambahkan kategori baru di blog wordpress Anda.

Untuk membawa efek postingan di WordPress.com menurut saya sangat mudah, terutama jauh lebih gampang dibandingkan dengan dengan platform lain. Yang mesti Anda perhatikan terhadap halaman membawa efek konten adalah sebagai berikut:

Judul konten: Buat judul yang cocok dengan dengan konten. Halaman konten: Anda mampu menambahkan konten berwujud text (artikel), gambar, dan video di halaman ini. Menu formating: Perhatikan menu formating yang tersedia di halaman kerja WordPress. Anda mampu menambahkan link, mengatur text, mengganti warna text, meningkatkan gambar dan video, dan lain-lain. Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk membawa efek kategori dan tag untuk masing-masing konten Anda. Ini mampu memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk memandang konten dengan dengan kategori atau tag tertentu. Jika Anda udah percaya dengan dengan konten Anda, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang tersedia di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Nah, sesudah membaca penjelasan di atas, tentu saja Anda udah mampu membawa efek blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas sesungguhnya lumayan sederhana, dan jikalau Anda dambakan membawa efek tampilan blog lebih baik lagi, Anda mampu berkreasi lebih jauh. Namun, mesti Anda ketahui bahwa WordPress.com menambahkan batasan terhadap penggunanya didalam mengedit kode-kode html di didalam blog WordPress.

Catatan Penting: Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser dengan dengan menambahkan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, seterusnya masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini udah Anda buat dari awal sementara membawa efek blog di WordPress.com. Simpan username dan password Anda dengan dengan baik, supaya gampang digunakan sementara Anda dambakan login ke blog Anda. “Bila Anda dambakan memiliki domain dan hosting sendiri, Anda mampu mendapatkannya di Niagahoster”.

Demikianlah penjelasan singkat langkah membawa efek blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini mampu menopang teman-teman yang belum tahu langkah membawa efek blog gratisan. Jika tersedia perihal yang tidak cukup tahu dan dambakan ditanyakan perihal artikel di atas, silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar. Terimakasih udah membaca artikel saya :)

0 Response to "Bikin Blog Pakai Wordpress dan Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel