Tips Mendapatkan Investor Uang


Sudah pernah dengar investasi dari modal ventura? Modal ventura merupakan sebuah kerjasama didalam wujud investasi dengan pembiyaan berwujud modal ke didalam suatu perusahaan swasta didalam jangka sementara tertentu. Umumya modal ventura ini memiliki kemauan untuk menyerahkan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham terhadap perusahaan tersebut.

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura Startups/ perusahaan yang baru berdiri dan belum memenuhi lebih dari satu syarat (standar berdirinya perusahaan) butuh modal ventura ini sebagai modal utang yang kebanyakan didapatkan dari sekelompok investor, perseorangan maupun institusi dan bank.

Namun sayangnya gara-gara perusahaan tetap baru berdiri, kebanyakan mereka mengalami tersedia kasus untuk beroleh modal ventura dengan kata lain sulit beroleh keyakinan dari pihak investor. Meskipun demikian, usaha baru tidak mesti mengalami kegagalan beroleh modal. Ada langkah beroleh investasi dari modal ventura yang profesional supaya proposal di terima calon investor.

“Modal ventura adalah suatu investasi didalam wujud pembiayaan berwujud penyertaan modal ke didalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka sementara tertentu. Pada kebanyakan investasi ini dijalankan didalam wujud penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham terhadap perusahaan pasangan usaha.

Investasi modal ventura ini kebanyakan memiliki suatu risiko yang tinggi namun beri tambahan imbal hasil yang tinggi pula. Kapitalis ventura atau didalam bahasa asing disebut venture capitalist (VC), adalah seorang investor yang berinvestasi terhadap perusahaan modal ventura.” ~ Wikipedia

Seringkali perusahaan ventura membidik perusahaan-perusahaan rintisan/ startups yang sedang berkembang dan mesti modal. Berbeda dengan bank, didalam perihal pembiayaan, perusahaan modal ventura jadi pihak yang berperan terhadap manajemen perusahaan rintisan tersebut.

Kelebihan Modal Ventura:
Kemampuan didalam perihal memperluan jaringan bisnis
Memiliki sistem repayment yang murah
Menjadi sumber dana/ modal dan terhitung menopang monitoring perkembangan bisnis
Peluang untuk mendompleng reputasi perusahaan modal ventura yang sesungguhnya udah terkenal

Kekurangan Modal Ventura:

Bila perusahaan rintisan jadi berhasil maka pengembalian utang dana terhitung turut besar Pendiri perusahaan mampu kehilangan pengecekan dan terhitung kehilangan kepemilikan atas usaha yang di rintis gara-gara lebih dari satu besar saham dan manajemen bisnisnya dimiliki oleh perusahaan modal ventura Seringkali perusahaan modal ventura menolak permintaan modal gara-gara mereka hanya berkenan beri tambahan pembiayaan hanya terhadap perusahaan rintisan yang dianggap bagu

Ini Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura

1. Buat Rencana Bisnis (Business Plan)

Untuk mengajukan permintaan modal ventura tentu calon penerima investasi mesti memiliki rencana usaha yang matang baik didalam analisis maupun tulisan. Dalam artian Anda mesti memicu analisis yang berisi perihal usaha yang sedang dirintis.Bisnis plan ini setidaknya mesti terhitung lebih dari satu segi sebagai berikut:

Deskripsi lengkap perihal usaha atau usaha Anda
Latar belakang dan pengalaman tim perusahaan
Analisa persaingan usaha dan solusisolusi bisa saja tersedia permasalahan
Transparasi keuangan yang detail
Sistem pemasaran

Dokumen-dokumen diatas mesti Anda sediakan dan pejalari sebelum berjumpa dengan calon investor. Pada intinya sesungguhnya investor mampu bertanya perihal kesempatan kesuksesan yang Anda capai. Sehingga segala bisa saja pertanyaan dan masalah yang ditanyakan investor mesti mampu dijawab dengan teliti namun tetap berhati – hati.

Suatu group atau institusi penyedia modal ventura kebanyakan terima ratusan rencana usaha tiap tiap tahunnya, namun Anda tidak mesti putus asa. Jika sesungguhnya rencana usaha yang Anda tawarkan sangat meyakinkan mampu beri tambahan banyak keuntungan bagi Anda dan terhitung pihak investor, maka tidak menutup bisa saja usaha Anda mampu beroleh modal. Bahkan jika Anda beruntung, Anda mampu segera beroleh modal tanpa mesti lewat tahap-tahap lain.

2. Buatlah Janji Pertemuan

Jika rencana usaha yang Anda serahkan menarik perhatian dan minat pihak investor, Anda mampu melanjutkan ke langkah pertemuan atau perkenalan. Pertemuan bukan bermakna udah mampu beroleh modal ventura, namun pertemuan ini dijalankan sebagai wujud presentasi rencana usaha Anda.

Seperti yang udah disinggung sebelumnya, sebelum masuk ke langkah ini, Anda mesti sangat mampu tahu rencana usaha Anda dan kemungkinan-kemungkinan masalah yang terjadi. Ibaratkan saja Anda sedang menjajakan ide. Jika mampu menguasai dan cocok dengan minat investor Anda mampu masuk ke langkah Due Diligence.

Due diligence Jika udah masuk langkah ini, seorang calon penerima modal mampu terima telepon, email, wawancara untuk melakukann evaluasi bisnis. Kalau tak kunjung dihubungi, coba untuk bersabar dan tetap pelihara komunikasi yang baik dengan investor supaya segera beroleh modal ventura.

Dokumen Perjanjian Ini bagian paling penting dari kerjasama bisnis. Seorang calon penerima modal baiknya perhatikan dengan benar tiap tiap isikan dokumen perjanjian supaya kedepannya tidak terasa dirugikan. Tahap ini adalah langkah diskusi dan mediasi yang kebanyakan memakan sementara lebih dari 2 minggu untuk memenuhi legalitas dokumen.

Anda mampu jalankan tawar menawar dengan investor perihal bagi hasil keuntungan dan bisa saja kerugian lewat dokumen perjanjian yang berwujud mengikat. Namun mesti tetap menyakinkan bahwa keuntungan usaha Anda lebih besar daripada kesempatan kerugian dengan mempertimbangkan kepentingan pasar.

Catatan: Saat berjumpa dengan calon investor, mesti diingat bahwa mereka beri tambahan invertasi gara-gara mereka tahu bahwa sebuah usaha butuh dana untuk bertahan dan merampungkan masalah pembeli dengan product yang dikembangkan. Timbal baliknya, investor mampu beroleh saham yang nilainya jauh lebih besar dari investasi yang dikeluarkan.

Umumnya para investor ini mampu menanamkan modal terhadap banyak usaha atau startup yang baru berkembang. Hal ini dijalankan sebagai antisipasi apa jika kelak bisnisnya berhenti di sedang jalan. Karena itu, jalankan yang paling baik terasa dari awal sampai langkah presentasi supaya mereka percaya jika usaha yang dipresentasikan sangat memiliki prospek yang jelas.

0 Response to "Tips Mendapatkan Investor Uang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel