Cara Meditasi di Rumah Sendiri


Banyak orang berpikiran meditasi sama dengan dengan posisi duduk diam dan situasi hening. Padahal, analisis itu tak seutuhnya benar. Meditasi terhitung mampu dijalankan di didalam aktivitas sehari-hari sambil menikmati dan tahu tubuh yang bergerak. Meditasi sesungguhnya bukan melulu perkara mengosongkan pikiran atau situasi hening. Lebih berasal dari itu, meditasi adalah sebuah wujud kesadaran.

"Enggak mesti tutup mata aja. Misalnya, saya chatting dan tahu dengan dengan apa yang ditulis lewat napas teratur, itu udah masuk di didalam meditasi. Mindfullness dengan dengan apa yang dilakukan," ujar Associate Facilitator Rumah Remedi, Agustinus Gibran. Rumah Remedi merupakan tidak benar satu pusat wellbeing di Jakarta. Sekedar bernapas, lanjut dia, udah masuk di didalam bermeditasi.

Bernapas jadi tidak benar satu segi mesti di didalam sistem bermeditasi. Pria yang akrab disapa Tinus ini mengatakan, dengan dengan bernapas bermakna Anda tahu dengan dengan seutuhnya dan mampu fokus terhadap apa yang sedang dihadapi. "Sederhananya adalah bernapas secara sadar," kata Tinus. Dengan demikian, meditasi mampu dijalankan di didalam aktivitas sehari-hari, asal dilakoni secara sadar. Ini mampu jadi solusi bagi Anda yang tak memiliki normalitas dengan dengan keheningan.

Meditasi sendiri diketahui memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan, utamanya kesehatan mental. Meditasi mampu menopang meredam stres dan kecemasan, terutama di sedang kepanikan terhadap ancaman pandemi Covid-19 layaknya sementara ini. Berikut lebih dari satu wujud meditasi sederhana yang mampu Anda lakoni di didalam aktivitas sehari-hari sepanjang jaman self isolation dan social distancing, mengutip bermacam sumber.

1. Berjalan kaki

Tradisi Zen mengenal sistem meditasi yang dijalankan dengan dengan berlangsung kaki. Mengutip laman Vipassana, para praktisi bergerak perlahan dan berkelanjutan melangkahkan kaki sambil tetap tahu bakal tubuh dan terhitung pikiran.

Sambil melangkah secara sadar, Anda terhitung mampu mempraktikkan metode pernapasan yang tepat. Biarkan langkah kaki membawa irama secara konstan. Usir pikiran-pikiran yang masuk ke di didalam otak, lumayan fokuskan perhatian terhadap napas, sensasi tubuh, dan apa pun yang tersedia di kira-kira Anda.

Namun, gerakan ini mesti dijalankan berkelanjutan menerus tanpa terhenti atau terganggu. Anda dianjurkan untuk pilih tempat yang aman untuk berkeliaran layaknya taman, lapangan besar, atau tempat yang lebih privat.

2. Kegiatan sehari-hari

Kegiatan sehari-hari adalah laboratorium hidup Anda. Praktikkan rencana mindfullness di didalam aktivitas sehari-hari Anda. Misalnya, menambahkan fokus terhadap hidangan yang dikonsumsi sementara Anda makan. Rasakan sensasi yang diberikan hidangan.

Tak hanya itu, mencuci piring dan mengepel lantai terhitung mampu dijalankan dengan dengan rencana mindfullness. Mengutip Fit Bottomed, aktivitas sehari-hari layaknya makan dan mencuci perlu gerakan yang berulang. Gerakan layaknya ini dinilai cocok dilakoni sebagai medium meditasi. Gerakan berulang sangat bisa saja Anda untuk fokus terhadap ritme gerakan.

3. Ritual menyajikan teh

Mengutip laman Zen Habits, ritual menyajikan teh mampu jadi tidak benar satu praktik mindfullness yang mampu dijalankan sehari-hari. Pusatkan perhatian terhadap gerakan tangan sementara buat persiapan secangkir teh. Setelah secangkir teh tersaji, cium dan rasakan aromanya. Jangan lupa untuk bernapas secara sadar.

0 Response to "Cara Meditasi di Rumah Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel