4 Golongan Orang yang Tidak Diperbolehkan Puasa


Umat Islam kudu meniti ibadah puasa di bulan Ramadan. Berpuasa di bulan Ramadan juga dalam rukun Islam yang kudu ditunaikan seorang Muslim. Namun, lebih berasal berasal dari satu group orang yang boleh tidak berpuasa tepat Ramadan.

Allah SWT beri tambahan keringanan kepada lebih berasal berasal dari satu orang yang boleh tidak berpuasa Ramadan. Namun, orang-orang ini kudu menggantinya di hari lain tepat udah tidak miliki rintangan atau membayar fidiah. Membayar fidiah ditunaikan bersama dengan bersama dengan mengganti satu hari puasa bersama dengan bersama dengan beri tambahan makan satu orang miskin.

"Orang kudu mengganti atau mengqadha puasa sampai akhir bulan Sya'ban," kata Ustaz Hilman Fauzi kepada runimas.com. Ketentuan orang https://www.runimas.com yang tidak diwajibkan berpuasa Ramadan ini terkandung dalam Surat Al-Baqarah ayat 185.

"... Karena itu, barang siapa di terhadap kamu berkunjung (di negeri daerah tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa terhadap bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, terhadap hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur," terjemahan surat Al-Baqarah ayat 185. Berikut orang-orang yang boleh tidak berpuasa tepat Ramadan.

1. Orang yang sakit

Orang yang sakit agar tidak sanggup berpuasa atau jikalau berpuasa justru memberatkan penyakitnya, boleh tidak berpuasa di bulan Ramadan. Orang yang sakit kudu mengganti puasa yang ditinggalkan di hari lain tepat udah sembuh. Orang yang sakit kritis dan sanggup mengganti puasa yang ditinggalkan bersama dengan bersama dengan membayar fidiah. Membayar fidiah juga sanggup ditunaikan oleh pihak keluarga.

2. Lanjut Usia

Ustaz Hilman menyatakan orang lanjut usia yang juga udah tidak sanggup berpuasa juga diberi keringanan oleh Allah. Kelompok ini boleh membayar fidiah yang juga sanggup ditunaikan oleh pihak keluarga. "Orang lanjut usia, pikun, atau situasi tubuhnya tidak memungkin, boleh tidak berpuasa," tutur Ustaz Hilman.

3. Musafir atau orang dalam perjalanan

Orang yang dalam perjalanan atau sedang menempuh jarak yang jauh diberi keringanan boleh tidak berpuasa. "Tetap memaksakan untuk berpuasa juga boleh, namun mereka juga diberikan keringanan," ucap Ustaz Hilman. Orang yang dalam perjalanan kudu mengganti puasanya di hari lain.

4. Ibu hamil dan menyusui
Ibu hamil dan menyusui juga boleh tidak berpuasa mengingat nutrisi penting untuk diri dan juga bayi mereka. Ibu hamil dan menyusui boleh mengganti puasa mereka di hari lain. 

https://seekingalpha.com/user/50728364/comments
https://seekingalpha.com/user/51373351/comments

0 Response to "4 Golongan Orang yang Tidak Diperbolehkan Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel